Home Belajar SEO

Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blogger Di Blogspot

Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blogger Di Blogspot
Cara mudah mengganti template (tema) blogger di blogspot - Salah satu fitur dan kelebihan blogger adalah kita bisa mengganti template atau tampilan blog kita sesuai keinginan. Tidak sampai disitu saja, template di blogger bisa kita dapatkan semuanya di google dengan cuma-cuma. Ada yang gratis bahkan premium. Sobat tami hanya cukup mengetikkan kata kunci template terbaru di google. Maka secara otomatis google akan memberikan banyak pilihan situs web yang menyediakan banyak template-template menarik. Lalu sobat tami tinggal klik download > Selesai. Mudah bukan?

Dan template dari blogger memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti, memiliki banyak menu, tampilan nya yang gak lebar, gak bisa pasang banyak efek dramatis dll. Beda dengan jenis flatform blogging lain, seperti wordpres atau wix. Blogger penggunaannya terbatas.

Template blogger di ibaratkan kayak pria yang yang selalu selalu tampan kapan pun, sedangkan template wordpress atau wix di ibaratkan kayak perempuan yang selalu tampil cantik karena makeup. Jadi, dari definisi yang aku jelasin tadi, terpapar jelas bahwa blogger lebih unggul dari wordpress atau wix. Karena gak ribet hehehe. Maka dari itu, sobat harus tau membedakannya agar nanti saat mendownload template, sobat tidak salah download. 
Ehm btw kak, gimana caranya untuk mengganti dan mencari template baru di google?
Untuk caranya, silahkan baca penjelasannya di bawah ini:


Cara Mudah Mencari Template (Tema)  Blogger di Blogspot

Nah, untuk mengganti template atau tampilan blog, hal pertama yang perlu sobat tami lakukan adalah mencari template blogger untuk didownload. Namun sebelum itu, sobat tami diharuskan sudah paham bagaimana bentuk dan rupa template blogger. Dikarenakan, di google banyak tersedia situs web penyedia template. Seperti template wordpress contohnya. Takutnya, setelah memilih dari sekian banyak template, dan ingin memasangnya, tiba-tiba template yang sobat tami download gak cocok di blogger. Jadi, diusahakan harus lebih jeli lagi dalam memilih, kalau perlu dibaca detail templatenya, agar sobat tami gak salah download nantinya.

Disini aku akan berikan salah situs web untuk mendownload template blog terbaru dan premium. Sobat tami bisa download templatenya dengan mencari penyedia template tersebut dengan kata kunci seperti ini:

“Template blog terbaru 2019” atau “download template blogger terbaru” atau bisa juga kunjungi Theme Platinum.

Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blogger Di Blogspot

File template yang nanti sobat  tami download umumnya dalam bentuk format .zip atau .rar. Jadi, untuk mengganti template di blog, sobat tami perlu meng-extract atau mengambil filenya.
Untuk meng-extract file sobat tami bisa menggunakan software winrar atau 7zip.
Setelah di ekstrak, nanti akan ada file dengan ekstensi .xml. Nah, file itulah yang nantinya akan sobat tami pasang ke blog. Untuk pemasangan templatenya, silahkan ikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini :
#1.  Masuk ke blogger.
#2. Pilih menu tema.
#3. Klik tombol “Backup / Pulihkan”.
Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blogger Di Blogspot

#4. Sebelum memasang templatenya, klik dulu tombol “Download tema” untuk mendownload template yang sedang digunakan saat ini sebagai backup/cadangan kalau misalnya template yang sobat tami pasang tiba-tiba tidak sesuai atau error.
Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blogger Di Blogspot
#5. Kalau templatenya sudah di-backup, selanjutnya klik “Choose File” dan pilih tempat lokasi download tadi.
#6. Jika sudah dipilih > klik tombol “Upload”.
#7.  Selesai.
#8. Sekarang silahkan cek blog sobat tami dengan cara mengklik "lihat blog" dibagian sisi kiri menu blog.
Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blogger Di Blogspot

Setelah mengganti template atau tema di blog biasanya sobat tami perlu mengatur kembali widget-widget yang sebelumnya terpasang di blog. Dikarenakan tampilan template yang baru saja sobat tami upload tidaklah sama seperti tampilan blog sobat tami sebelumnya. Nah kira-kira begitulah cara mudah mengganti template (tema) blogger di blogspot. Diusahakan template yang kita upload dan kita pasang tadi di edit dulu. Biar gak terjadi error atau berantakan. Itu aja sih dari aku. Terima kasih hehehe.

Baca juga :

to Top