Home Belajar Adsense

Cara Membuat Label di Blog Terbaru 2019

Cara Membuat Label di Blog Terbaru 2019
Cara membuat label di blog terbaru 2019 - Salah satu hal yang cukup penting yang harus dilakukan ketika kita menulis postingan atau artikel di blog adalah memasang label pada artikel postingan yang akan kita tulis. Penggunaan label ini berfungsi untuk, mengelompokkan postingan di blog kita berdasarkan kategori-kategori tertentu. Agar nantinya postingan kita tidak berantakan. 
Kasih contoh dong kak, biar ngerti..
Misalnya, jika kita menulis sebuah artikel postingan, kita harus memasang label pada artikel postingan tersebut agar artikel postingan tersebut akan masuk ke kelompoknya. Jika tidak dibuat, maka postingan sobat tami akan mengarah ke home (default) dan tidak masuk ke kelompoknya. 

Contoh, Jika sobat tami ingin menulis artikel postingan tentang belajar seo responsive di blogger, maka pasang label pada postingan seo tersebut dengan tips belajar seo. Jika sudah, maka secara otomatis postingan sobat tami akan mengarah ke label tips belajar seo. Jika sobat tami tidak memasang label pada postingan tersebut maka postingan sobat tami yang tadi akan mengarah langsung ke home (default) bukan ke kelompok tips belajar seo. Seperti itulah kira-kira. 

Ini merupakan salah satu cara, agar blog sobat tami bisa SEO friendly dengan google, kenapa?. Karena, dengan memasang label di postingan, akan membuat blog sobat tami lebih rapi. Sehingga, artikel yang di publikasikan, memiliki kelompok tujuan yang jelas. 


Kategori atau Label adalah fitur yang bisa kita gunakan untuk mengelompokkan konten yang mempunyai kesaamaan tema namun berbeda pada pembahasannya. Bahasa kerennya folder dalam sebuah blog.

Namun, pada blogger (blogspot) tidak memiliki fitur kategori. Yang ada hanya label atau sering disebut tag. Sekarang kita ke contoh. Misalnya sobat memiliki konten liburan ke Bali, Jawa, Sumatera dll. Supaya memudahkan pembaca, ketika membuat konten berikan Tag/Label dengan nama Indonesia dalam proses pencarian. Jadi, nanti ketika pembaca memilih Tag/Label Indonesia, semua konten liburan kalian di Indonesia akan tampil dalam satu halaman. Kerenkan?. Nah, seperti itulah maksud dari pemasangan label ini di blogger blogspot.

Jika sobat tami masih bingung, silakan lihat info grafis di bawah ini :
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot

Artinya, dengan adanya fitur kategori atau label  pada blog yang kita miliki, ini tentunya akan menjadikan blog kita mudah untuk dinavigasi. Sehingga, pembaca tidak harus mencari satu per satu konten yang memiliki tema yang sama. Cukup klik salah satu kategori atau label, mereka sudah dapat menemukan apa yang dicari.

Diharapkan setelah sobat tami membaca dan menerapkan artikel ini didalam blog, sobat tami bisa mengerti nantinya untuk memberi label di blog sobat dengan sendirinya. Jadi, diusahakan dibaca sampai habis artikel ini, agar sobat tami menjadi lebih paham lagi mengenai cara memasang label di blog. Ehm btw, untuk pembuatan labelnya,  silahkan ikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini.


Cara Membuat Label di Blog

#1. Masuk ke blogger.
#2. Pilih menu postingan > lalu pilih "Entri baru".
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot

 #3. Pastikan sobat tami sudah membuat 1 materi artikel atau postingan. Seperti gambar dibawah ini.
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot

#4. Jika sudah, sekarang sobat tinggal ketikkan saja pada menu label > lalu isikan labelnya.
#5. Kemudian, klik saja tombol “Selesai” > dan klik "Publikasikan".
oh iyah untuk pembuatan setiap kata di label harus diakhiri tanda koma dibelakangnya. contoh : Bang Andre,
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot


Cara Memasang Label di Blog

Label setiap postingan akan ditampilkan diatas postingan atau di bawah postingan (tergantung dari template yang digunakan). Selain itu kita juga bisa menampilkan semua daftar label yang ada di blog kita dengan menggunakan widget atau gadget label. Caranya seperti ini :
#1. Masuk ke blogger.
#2. Masuk ke menu tata letak.
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot #3. Terus pilih salah satu widget yang sobat tami ingin tambahkan > aku sarankan dibuat di sidebar > jika sudah, pilih "Tambahkan Gadget".
#4. Kemudian pilih widget “Label” karena kita akan membuat widget label.
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot

#5. Selanjutnya sobat tami bisa menyesuaikan pengaturan dengan gambar dibawah ini.
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot
#4. Jika sudah, klik "Simpan".
#5. Untuk melihat hasilnya sobat tami bisa membuka blog dan scrool kebawah, dan cari label yang kita buat tadi. Atau kurang lebih nanti hasil akhirnya akan seperti ini.
#6. Selesai.
Cara Memasang Kategori atau Label di Blogger Blogspot

Setelah memasang artikel postingan dan label di postingan, sobat tami juga diharuskan membuat deskripsi postingan. Agar postingan sobat tami nanti, lebih menarik untuk dibaca oleh pengunjung di blog maupun pengunjung di internet. Dan untuk pembuatannya sobat tami bisa klik disini. Mungkin itu saja yang bisa aku bagikan mengenai cara memasang kategori atau label di blogger blogspot . Semoga artikel kali ini dapat membantu dan bermanfaat buat semua. Terima kasih hehehe.

Baca juga :

to Top